Tuesday 2 February 2016

Jenis Gitar

Hai teman,Kali ini saya akan berbagi informasi tentang jenis-jenis gitar, bagian, dan fungsinya. Mungkin kalian hanya mengetahui jenis-jenis gitar saja tapi tidak mengetahui bagian-bagian dan fungsinya. Disini saya akan berbagi informasi tentang jenis-jenis gita, bagian, dan fungsinya  yang perlu diketahui
1. Gitar Akustik
Gitar akustik adalah jenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara di dalam ruang suara ini akan beresonasi terhadap kayu badan gitar. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan akan memengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik.Gitar akustik tidak menggunakan peralatan elektronik pada bodinya seperti preamp, spull, pick up, dsb.Berdasarkan senarnya gitar akustik di bagi menjadi dua, yaitu gitar folk (string) dan gitar nylon (klasik). Gitar folk (string) adalah gitar akustik yang menggunakan senar besi atau stanlees, sedangkan gitar nylon (klasik) menggunakan senar nylon, senar nylon tidak terlalu keras seperti senar besi atau stanlees namun suaranya kalah nyaring dengan senar akustik string.
Bagian-bagian gitar akustik :

          Tuning Machines: berfungsi untuk menyetem/tuning senar gitar. Disarankan ke nada standar EADGBE dengan A=400Hz. Dapat dibantu menggunakan tuner.
          Headstock: bagian yang berfungsi menahan senar dan tuning machines
          Nut: berfungsi untuk mengatur penempatan senar agar tetap konsisten pada tempatnya
          Neck: bilah kayu panjang, berfungsi untuk meletakkan fretboard.
          Fingerboard: papan panjang tempat dipasang fret logam yang membagi wilayah nada
          Fret: logam melintang terletak di sepanjang Fingerboard untuk membagi wilayah nada
          Strap pin: bagian untuk memasukan strap gitar.
          Strings: senar gitar,sumber suara utama gitar. Dapat terbuat dari nylon (hanya untuk gitar akustik dan akustik elektrik). Dapat terbuat dari logam steel dan nikel (untuk semua gitar)
          Body: badan gitar
          Pick guard: pelindung body gitar dari penggunaan pick gitar
          Bridge: penahan senar ke badan gitar
          End pin: bagian untuk memasukan strap gitar (sama seperti strap pin)
Bagian khusus gitar akustik
          Body berbentuk kotak kopong berfungsi sebagai kotak resonansi.
          Sound hole: lubang suara berfungsi sebagai kotak resonansi menguatkan suara getaran senar gitar.
2. Gitar Elektrik / Listrik
Gitar elektrik/listrik adalah sejenis gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk mengubah bunyi atau getaran dari string gitar menjadi arus listrik yang akan dikuatkan kembali dengan menggunakan seperangkat amplifier dan loud speaker. Suara gitar listrik dihasilkan dari getaran senar gitar yang mengenai kumparan yang ada di badan gitar yang biasa disebut pickup. Terkadang sinyal yang keluar dari pickup diubah secara elektronik dengan gitar efect sebagai reverb ataupun distorsi. Gitar elektrik dibagi menjadi dua jenis, yaitu Hollow Body dan Solid Body.Bagian-bagian gitar elektrik/listrik :
1.         Headstock, adalah bagian yang terletak pada bagian paling  atas gitar yang dimulai dengan nut sampai ujung gitar, pada bagian ini terletak Tuning page  dan merek gitar beserta nomor serinya, bentuk Headstock pada gitar ada bermacam-macam, pada gitar fender ini bentuk headstocknya adalah StratoCaster.
2.         Tuning page, Adalah bagian gitar yang berfungsi menyetem senar gitar, terletak pada bagian atas(Head stok), jumlah Tuning page sesuai dengan jumlah senar yang dipakai, Pada gitar di atas memakai enam senar maka jumlah tuningpagenya adalah enam buah.
3.         Nut, adalah fret yang terletak paling ujung yang terletak pada head stok, nut inilah yang berfungsi mengganjal seluruh senar sebelum dililitkan pada Tuning page.
4.         Fret, adalah bagian yang berfungsi membedakan nada-nada pada senar yang dipetik dengan menekannya menggunakan jari atau pick, jumlah fret pada gitar bermacam-macam tergantung pada kegunaannya, ada beberapa jumlah fret yang umum ada pada gitar diantaranya yaitu: 22, 23, 24.
5.         Neck, adalah bagian yang terletak dari ujung nut sampai body, terbuat dari kayu, pada neck terletak bagian gitar yang lain yaitu: fret dan titik nada. Pada bagian inilah seluruh senar membentang dari bridge sampai nut.
6.         Pickups, Adalah bagian yang berfungsi menerima getaran suara dari senar yang dipetik lalu dirubah menjadi getaran listrik, jumlahnya pada sebuah gitar bermacam, dari mulai yang hanya memasang satu buah sampai ada yang amemasangnya tiga buah. jenis yang umum dari Pickups ini ada dua macam yaitu yang sigle coil dan yang double coil/ hambucker.
7.         Tremolo atau banyak gitaris yang menyebutnya dengan nama Handle gitar adalah alat yang berfungsi untuk menaikkan nada atau menurunkan nada tanpa merubah letak jari pada fret dengan cara menekan atau menariknya.
8.         Volume dan tone control, berfungsi merubah suara gitar sesuai dengan keinginan kita, volume berfungsi memperbesar atau memperkecil suara gitar, tone berfungsi merubah suara menjadi low atau bass.
9.         Pickup switch, adalah bagian yang berfungsi memilih pickup yang digunakan, variasinya adalah memilih salah satu atau penggabungan beberapa pickup.
10.       Bridge, berfungsi untuk mengaitkan ujung senar yang memiliki cincin agar senar tersebut dapat dipasang di atas fret. Cara memasang senar adalah dengan memasukkan ujung senar dari arah belakang gitar kemudian ditarik ke depan lalu di lilitkan pada tuning page.
11.       Body, Adalah bagian badan gitar yang paling besar, berfungsi memasang bagian lain seperti pickup, tremolo, switch, volume, tone, bridge. Selain itu body juga berfungsi untuk membentuk karakter suara gitar. Jadi selain pickup ternyata body juga berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan oleh sebuah gitar.
       3. Gitar Bass
Gitar bass elektrik (biasa disebut Bass elektrik atau bass saja) adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (dibandingkan dengan gitar yang memiliki enam senar).Bobot dari bass sendiri idealnya lebih berat daripada gitar listrik biasa, karena senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan keras untuk menyeimbangi tekanan pada neck (leher gitar).Selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan panjang senar (scale).Ada banyak jenis bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupa contra bass dan cello bass (yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera), bass listrik (biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band) serta bass fretless yang sama dengan bass listrik tapi tidak ada fret (kolom/pembatas pada papan tekan/neck) pada bass tersebut. Prinsip kerja bass fretless mirip dengan contra/cello bass hanya saja berbentuk gitar listrik.
Bagian-bagian gitar bass :   
 1. Tuning keys, berfungsi sebagai alat untuk menyetem/menyetel/menstem (tuning) senar gitar sehingga menghasilkan nada sesuai dengan keinginan kita
2. Headstock, merupakan  bagian yang berfungsi menahan senar dan tuning machines
3. Nut, berfungsi untuk mengatur penempatan senar agar tetap konsisten pada tempatnya
4. Neck, berfungsi untuk meletakkan fretboard, tuners(tuning machines) dan headstock
5. Fingerboard, merupakan kayu dengan pematang(fret) logam melintang untuk membagi wilayah nada
6. Fret, merupakan  logam melintang terletak di sepanjang Fingerboard untuk membagi wilayah nada
7. Strap pin, berfungsi untuk menahan selempang(strap) gitar
8. Body, merupakan bodi/badan gitar
9. Bridge, berfungsi sebagai pengikat/penahan senar ke badan gitar
10. End pin, berfungsi  untuk menahan selempang(strap) gitar
11. Output jack, berfungsi untuk penyambung gitar ke amplifier atau peralatan elektronik lainnya
12. Volume and tone Control, berfungsi untuk mengatur volume dan tone (bass n treble) sesuai dengan keinginan kita
13. Pickups, berfungsi sebagai pendeteksi getaran senar dan mengubahnya dari energi mekanis menjadi energi listrik yang dikonversi oleh amplifier menjadi nada.

No comments:

Post a Comment